Tips Mendapat Pekerjaan dari Job Fair

Bursa kerja (job fair) menjadi ladang bagi para fresh graduate untuk mencari pekerjaan. Namun, ketatnya persaingan membuat beberapa fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mengikuti job fair seperti dikutip dari Okezone.com.


Lihat perusahaan pengisi job fair

Sebelum datang ke sebuah bursa kerja, lihat dulu perusahaan apa saja yang berpartisipasi. Kemudian, bidik beberapa perusahaan yang akan kamu lamar.

Selama ini banyak fresh graduate yang tidak mengecek terlebih dahulu informasi ini sebelum mengikuti job fair. Hasilnya, di sana mereka kebingungan dan hanya menghabiskan waktu dan biaya.

Siapkan CV dan berkas penunjang

Bawalah CV sebanyak mungkin. Selain itu, sertakan juga dokumen lainnya, seperti ijazah, pas foto, surat lamaran, dan fotokopi KTP. Buatlah CV-mu tampak profesional dengan menyertakan pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Aktif bertanya

Saat melamar pekerjaan di job fair, sebaiknya kamu aktif bertanya kepada pihak perwakilan perusahaan yang ada di sana. Selain mendapatkan informasi yang lebih lengkap, hal tersebut juga membuat perusahaan mengetahui bahwa kamu tertarik terhadap pekerjaan yang mereka tawarkan.

Rasional

Kamu harus mulai bijak dalam melamar pekerjaan. Utamakan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki. Hal itu akan membuat kamu mendapatkan kesempatan lebih besar untuk bisa ke tahap berikutnya.

Berpenampilan rapi

Saat datang ke job fair, kenakanlah pakaian yang rapi, namun tetap nyaman. Hal tersebut untuk berjaga-jaga jika ada perusahaan yang melakukan interview langsung.

Percaya diri

Enggak usah minder dengan para job seeker lainnya. Tanamkan bahwa mereka yang ada di sana belum tentu lebih baik dari dirimu. Jadi tetap semangat untuk mencari pekerjaan impian.

Mau tahu bagaimana cara lulus PSIKOTES? klik di sini...

Selamat mencoba!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mendapat Pekerjaan dari Job Fair"

Post a Comment

Komentar SPAM Tidak Akan di Tampilkan