Contoh Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris

Pertanyaan interview kerja merupakan momen yang paling ditunggu serta yang paling penting bagi para pencari kerja. Tidak hanya persiapan skrip interview kerja, tetapi juga kerapian penampilan serta mental kamu. Walaupun sebelumnya kamu adalah mahasiswa yang pandai dan memiliki Indeks Prestasi sempurna, ketika melakukan tes interview kamu mengalami grogi berlebihan dan tak dapat mengatur diri, maka bisa jadi momen ini akan terlewatkan begitu saja.

Saat interview kerja, dibutuhkan sebuah persiapan yang matang. Sebab kesiapan kita dalam menjawab pertanyaan akan menentukan apakah kita gagal atau berhasil. Tes interview pada umumnya cenderung sama, baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Pertanyaan yang diajukan pun tak jauh berbeda.

Saat ini, baik perusahaan lokal maupun perusahaan asing sudah mulai melakukan tes interview menggunakan bahasa Inggris. Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan ekonomi di Indonesia, kemampuan bahasa Inggris menjadi hal yang seolah-olah wajib dimiliki oleh setiap karyawan.

Contoh Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris


Jika kamu mendaftar di perusahaan yang mensyaratkan harus memiliki kemampuan bahasa Inggris, dan ketika sesi tes interview diharuskan menggunakan bahasa Inggris, berikut beberapa contoh pertanyaan dan tips interview yang sering diberikan untuk dapat membantu kamu mempersiapkan diri sebelum melakukan tes interview bahasa Inggris. 

1. “Please introduce yourself!”
Pertanyaan ini adalah pertanyaan general yang biasa ditanyakan, baik dalam interview bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu tidak harus menjelaskan siapa dirimu, namun lebih kepada latar belakang pendidikan dan kelebihanmu.

Contoh jawaban yang bisa diajukan adalah“My name is Hana, I am a civil engineer, graduated with honor from University of Indonesia. Even though I’m a fresh graduate, I have experiences as an intern in construction company…” 

Baca juga: Pertanyaan wawancara kerja"coba ceritakan tentang diri Anda"

2. “What is your motivation applying here?”
Pewawancara ingin mengetahui jawaban kamu tentang kenapa kamu tertarik terhadap pekerjaan ini. Jawablah dengan singkat dan jelas. Berikan keyakinan bahwa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut karena memiliki pengalaman yang cukup dan kemampuan tambahan yang dapat menunjang pekerjaanmu di perusahaan tersebut.

Cara menjawab interview ini adalah “Your company is one of my top choices, and I come here because my experiences and interests are quite useful for this agriculture company. I can handle jobs in laboratory controlling seeds quality and also, I have ever been an intern in agriculture company. So you can trustme in handling this position.

3. “Do you have any ambitions in your life that you want to achieve?”
Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa besar keinginan dan target yang ingin kamu dapatkan melalui pekerjaanmu. Jangan pernah menjawab dengan jawaban yang tidak relevan dengan pekerjaanmu. Misalnya, menjawab tentang target untuk menikah, atau target untuk dapat membeli mobil baru. Jawablah dengan jawaban yang logis terkait dengan pekerjaanmu. 

Cara menjawab interview ini adalah, “Within 4-5 years, I am going to generate your company as the top 5 food producer companies in Indonesia. As a sales and marketing team, I will improve my marketing strategy to help this company branding to be includedto the wider market.”

4. “Please tell me about your strength and weakness.”
Dalam interview bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri pasti akan muncul. Dalam menjawabnya, lakukanlah dengan singkat tanpa berbelit-belit. Jujurlah dalam menjawab pertanyaan tersebut, kaitkanlah kelebihan dan kekuranganmu dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan terlalu berlebihan saat menjelaskan kelebihan diri. Ceritakan tentang kekuranganmu beserta dengan kiat-kiatmu mengatasinya. 

Cara menjawab interview ini adalah, “My strength is my strong will to achieve the targets that I make. And I always do anything with a happy feeling. I’m also cheerful and communicative. I can persuade people to do what I want, happily. Moreover, I am a perfectionist, I want everything to be perfect. But, I can use my weakness as my other strength by managing it well. So you don’t have to be worry about it.”

5. “Do you have any ideas or strategies to develop this company?”
Untuk mengetahui seberapa serius kamu dengan pekerjaan tersebut, beberapa pewawancara akan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemauanmu terhadap pekerjaan dan perusahaan tersebut. 

Cara menjawab interview ini adalah, “With my background as an architect, I will make some unique designs that will be your company signatures. I have good ability in building and urban design. I believe, with that new personal branding, customer will prefer to give the project to us.”

6. “Do you have any other skills that will support your work?”
Sebagai seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu harus memiliki strategi untuk dapat “menjual diri.” Salah satunya adalah dengan menunjukkan kelebihan kamuyang tidak berkaitan dengan latar belakang pendidikan kamu, tapi dapat bermanfaat bagipekerjaan tersebut. Misalnya, kamu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan software komputer tertentu atau memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa asing.

Cara menjawab interview ini adalah, “Yes of course. Beside English and Indonesian, I also speak German, Japanese, Dutch and French. I also have computer skills. I can operate MS Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, and the internet.”

7. “What is your expected salary?”
Pertanyaan tentang gaji merupakan pertanyaan yang paling ditunggu saat interview. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu sebelumnya harus tahu tentang standar gaji untuk jenis pekerjaan tersebut. Jangan mematok gaji yang terlalu tinggi hanya karena kamu lulusan dari universitas ternama. Untuk suatu jenis pekerjaan, perusahaan pada umumnya akan memberikan standar gaji yang sama bagi seluruh pegawai fresh graduate tanpa pengalaman kerja, baik yang berasal dari universitas ternama ataupun bukan.

Cara menjawab interview ini adalah, “I am here to look for promotional opportunities, salary is not the most important issue forme. , I believe the company will propose a fair and consistent salary in accordance with the abilities of the job seeker and fresh graduate like me.”

Baca juga: Jangan langsung menolak tawaran gaji dibawah standar

Demikianlah beberapa contoh pertanyaan interview  bahasa Inggris yang paling sering ditanyakan. Jangan lupa untuk selalu rendah hati dalam menjawab pertanyaan dan persiapkan diri kamu sebaik mungkin. Selamat mencoba dan semoga berhasil! [sumber AnakUI.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris"

Post a Comment

Komentar SPAM Tidak Akan di Tampilkan