Cara mencari dokumen format pdf, doc, xls, ppt dari internet

Cara untuk mencari dokumen di Google dalam bentuk PDF, DOC, XLS atau PPT (Power point) adalah dengan menambahkan filetype. Misalnya: Cara merakit komputer filetype:pdf, untuk mencari dokumen tentang merakit komputer dalam bentuk pdf.

Ada beberapa (tips) cara lain yang lebih gampang dan tidak perlu memasukkan tipe file satu persatu, misalnya dengan cara melihat isinya sekilas atau download untuk dibaca secara offline.

1. DocJax

Mesin pencari DocJax mirip seperti google, hanya saja dikhususkan untuk mencari dokumen seperti doc, xls,ppt dan pdf. Selain itu kita juga dapat mencari dokumen dalam bentuk ebook dari internet dan melihat tampilan/isinya sekilas (preview) ataupun langsung download.

Anda juga bisa  mencari dengan tambahan operator situs seperti inurl dan intitle, sehingga hasil pencarian dibatasi dari situs tertentu. Misalnya: Computer inurl:microsoft.com

Di Docjax juga bisa menampilkan : Tag Cloud, Latest Documents, Most Viewed Documents, Most Loved Documents dan Most Downloaded Documents. Ingin mencoba ? silahkan langsung kunjungi DocJax.

2. OutWit Docs (Firefox plugins)

Keunggulan web browser Mozilla adalah support dengan berbagai plugins yang begitu banyak. Misalnya OutWit Docs. Dengan plugin ini, firefox bisa kita jadikan mesin pencari dokumen seperti text dokumen, dokumen MS office atau Open Office, datasheet (excel), PDF, RTF, Presentasi (PPT) dan lainnya dari berbagai sumber.

Download OutWit Docs ( 2.2 MB). Plugin ini untuk Firefox 3.0 dan saat ini masih versi beta.

Jika ingin download langsung (disimpan di komputer), bisa langsung save link ini : http://www.outwit.com/downloads/OutWit_Docs_Pack.xpi. setelah di download, untuk menginstall secara manual di forefox, buka file ini dengan firefox ( melalui menu File > Open File). Setelah terinstall, maka akan tampil icon baru d toolbar firefox, seperti berikut :

Klik icon Outwit tersebut untuk membuka tampilan baru pencarian dokumen. Hasilnya bisa dipilih sesuai dengan tipe yang diinginkan juga disertai dengan History pencarian, informasi dokumen ketika mouse digerakkan diatas dokumen tersebut dan fitur lainnya*.

*Thanks to Mas Ebta Setiawan blog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mencari dokumen format pdf, doc, xls, ppt dari internet"

Post a Comment

Komentar SPAM Tidak Akan di Tampilkan