Bisnis Online Gratis: Affiliate Marketing

Kehadiran internet telah melahirkan berbagai macam metode baru dalam memasarkan sebuah produk yang dapat menghasilkan uang. Kini, sudah banyak sekali model poemasaran online yang memungkinkan untuk menghasilkan uang dengan jumlah yang tak terbatas, walaupun anda tidak memiliki produk, tidak memiliki lapak, tidak memiliki karyawan, dsb.

Salah satu metode bisnis online gratis yang sedang booming di internet saat ini adalan pemasaran dengan sistem affiliate marketing. Yang anda perlukan hanya sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet.

Apa itu bisnis online affiliate marketing? 


Pengertian affiliate marketing atau afiliasi adalah sebuah teknik yang anda gunakan untuk membantu memasarkan produk orang lain secara online, dan anda mendapatkan komisi atas penjualan tersebut sesuai dengan perjanjian. Gampangnya affiliate marketing adalah makelar online.

Sistem affiliate marketing pertama kali dipopulerkan oleh Amazon.com pada tahun 1994. Kini produk yang dijual dengan sistem affiliate marketing semakin beragam, mulai dari produk digital seperti ebook, tiket online, pulsa online, software, buku, pakaian, peralatan rumah tangga hingga peralatan elektronik.

Bagaimana sistem affiliate marketing bekerja?


Secara garis besar sistem ini melibatkan 3 pihak, yaitu produsen, affiliate marketer/publisher dan affiliate network.

Produsen adalah pihak yang menyediakan barang yang akan dijual oleh para affiliater. Siapapun dapat menjadi produsen, mulai dari produsen merek terkenal hingga pedagang kecil-kecilan dari pelosok. Agar para affiliater mau menjual produk anda maka anda harus membagi keuntungan dari setiap penjualan yang terjadi kepada affiliate marketer.

Affiliate marketer adalah orang-orang yang membantu menjual produk anda, para affiliater menggunakan berbagai macam teknik penjualan online untuk mendatangkan pengunjung dan meningkatkan penjualan pada website produsen. Teknik yang lazim digunakan para affiliater untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan SEO, iklan, sosial media, email marketing, forum dan sebagainya.

Affiliate network adalah tempat bertemunya para produsen dan affiliater. Affiliate network lebih dikenal dengan istilah marketplace. Affiliate network adalah pihak yang memiliki teknologi dan sistem yang memungkinkan para affiliater untuk menjual produk dari produsen. Pihak marketplace yang akan mengatur pembagian komisi dari hasil penjualan kepada affiliater dan produsen setiap kali ada penjualan. Beberap marketplace produk digital yang sedang saya jalani saat ini adalah marketplace Ratakan dan Idblognetwork.com

Apa saja yang termasuk dalam affiliate marketing?



Secara garis besar Affiliate Marketing terbagi menjadi 3 bagian berdasarkan dari bagaimana pihak affiliate marketer mendapatkan komisinya.

Pay Per Sales, artinya para affiliater mendapatkan komisi dari penjualan yang terjadi. Sistem ini paling umum dijumpai di internet, komisi yang diterima affiliater sebesar 5% sampai 75%. Yang artinya komisi yang didapat affiliater marketer lebih besar daripada keuntungan producen yang membuat produk tersebut.

Pay Per Click, sistem ini menggunakan metode mendapatkan komisi melalui pengunjung yang hanya melakukan klik pada link produk yang diberikan affiliate network. Link tersebut akan mengarah langsung ke produk produsen. Cara ini dianggap mampu mendatangkan banyak pengunjung menuju produk tersebut

Pay Per Leads, sering disebut dengan Pay Per Action atau Pey Per Performance. Mirip dengan Pay Per Sales, perbedaanya affiliate marketer mendapatkan komisi meski pengunjung tidak membeli produk yang ditawarkan oleh Producen. Biasanya pengunjung hanya akan diminta untuk melakukan serangkaian tindakan seperti: mendaftarkan alamat email, mendaftar kedalam sebuah website, dan lain-lain. Sehingga sang producen akan mengolah data-data yang ia dapat untuk kemudian menjual langsung produk atau layanannya kepada leads (prospek) yang sudah dikumpulkan oleh affiliate marketer tersebut. Biasanya model ini digunakan untuk barang yang tidak bisa dijual dalam transaksi online seperti: rumah, jasa konsultan, sewa mobil, dll.

Panduan dasar affiliate marketing


Setelah bergabung di program affiliasi, Anda akan mendapatkan sebuah link referensi. Link referensi Anda ini bentuknya adalah sebagai berikut:

http://tokogadget.com/?ref=USERNAME

Dimana USERNAME adalah nama pengguna yang Anda masukkan ketika mendaftar. Sebagai contoh bila username Anda adalah Budi, maka link referensi Anda akan terlihat seperti ini:

http://tokogadget.com/?ref=budi

Link tersebut akan menuju ke website replika Anda yang dibuat otomatis serupa dengan tampilan website tokogadget.com.

Link inilah yang kemudian akan Anda promosikan untuk mendapatkan komisi penjualan. Link tersebut bisa Anda pasang di jejaring sosial seperti Faceebook atau Twitter, email atau pun blog Anda. Pastikan untuk menuliskan link referensi dengan benar, karena bila Anda salah menuliskannya maka link tersebut tidak akan terbaca sebagai website replika Anda.

Kelebihan bisnis affiliate marketing


Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis affiliasi adalah kemudahan Anda dalam menjalankan bisnis. Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan ide dan pembuatan produk, pembuatan website dan mengatasi keluhan-keluhan yang mungkin datang dari konsumen. Sebagai affiliasi, Anda hanya akan fokus 100% pada promosi link referensi Anda. Begitu terjadi penjualan, Anda pun akan menerima komisi. Semakin banyak penjualan maka semakin besar pula komisi yang Anda dapatkan.

Untuk memantau perkembangan bisnis affiliasi Anda, bisanya sudah disediakan di affiliate area, antara lain:

- Hasil Penjualan
Di sini And bisa melihat data tentang penjualan yang terjadi melalui link referensi Anda. Anda bisa melihat nama pembeli, alamat pembeli, kota tempat pembeli Anda berdomisili dan tanggal terjadinya transaksi.

- Calon Pembeli
Data yang ada di bagian calon Pembeli ini berisi keterangan yang sama seperti di atas, namun bedanya di sini adalah status yang masih 'calon pembeli'. Para calon pembeli ini adalah pengunjung yang datang ke website replika Anda yang kemudian mengisi form pemesanan namun BELUM melakukan transfer.

- Banner Promosi
Di bagian ini tersedia alat bantu berupa file-file gambar untuk Anda tempatkan di website Anda. Cara pemasangannya juga mudah, cukup dengan mengcopy kode yang tersedia di halaman website Anda. Di dalam kode tersebut sudah tercantum link referensi Anda.

- Statistik kunjungan
Ini adalah fasilitas unggulannya, dimana Anda bisa memantau dari mana pengunjung datang dan bahkan apa saja yang mereka klik selama berada di website replika Anda.

Program affiliasi dirancang untuk mudah diikuti siapa saja, termasuk bagi yang belum pernah menjalankan bisnis affiliasi sebelumnya. Para affiliasi bisa dikatakan rekan kerja pemilih produk/jasa dimana harus terjadi kerjasama yang baik untuk mencapai kemajuan bersama.

Daftar bisnis afiliasi gratis


Saya sudah hampir setahun menjalani bisnis afiliasi ini, beberapa contoh bisnis afiliasi yang dapat Anda ikuti adalah:

  1. Ratakan Marketplace
  2. Ebook Psikotes 
  3. Latihan Soal CPNS 
  4. Ebook Tips Cepat Hamil 
  5. Ebook Masa Hamil 
  6. Latihan TOEFL
  7. dll

Panduan afiliasi dapat anda baca di menu Afiliasi, menu ini biasanya terletak di menu atas dan bawah website. Selamat mencoba.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bisnis Online Gratis: Affiliate Marketing"

Post a Comment

Komentar SPAM Tidak Akan di Tampilkan